Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Liburan Murah, Menekan Drastis Biaya Traveling!

tips liburan murah
Gambar: Pixabay

Tips liburan murah. Pergi wisata atau traveling yang agak jauh merupakan hal wajib untuk dilakukan setidaknya sekali dalam setahun baik sendiri maupun bersama keluarga. Karena liburan bisa membantu kita menghilangkan capek yang menumpuk selama ini dan lari dari rutinitas, sehingga mencegah stress dan baik buat kesehatan. Istilah anak za,an sekarang "traveling" itu "healing" 'lah ya.

Tapi ada masalah. Kita semua pasti setuju kalau berwisata ke tempat yang agak jauh, yang memberikan pemandangan indah itu bukan hal yang murah. Biaya perjalanan, biaya penginapan dan belum lagi biaya ke tempat-tempatnya yang mungkin butuh tiket masuk.

Baca Juga: 7 Cara Dapat Uang Cepat Dalam Sehari, Hasilnya Lumayan!

Karena itu, kita pasti ingin menekan biaya traveling seminim mungkin, agar tabungan yang dikumpulkan tidak langsung kandas dan bikin kita melarat habis pulang dari jalan-jalannya. Adakah cara traveling murah? Ada dong! Berikut ini beberapa tips liburan murah yang wajib dicoba!

Tips Liburan Murah Yang Wajib Dicoba

1. Cari Penawaran Seperti Diskon Atau Promo

Tips traveling hemat yang pertama tentu adalah aktif melihat promo atau diskon yang ada untuk penerbangan, penginapan, atau sewa transportasi. Untuk bisa menemukannya tentu harus aktif lihat-lihat media sosial akun perusahaan hotel atau pesawat, juga akun-akun traveling seperti Garuda, karena biasanya mereka membagikan promosi dan diskon terbaru lewat Medsosnya. Bisa juga perhatikan iklan yang ada di internet.

2. Pertimbangkan Transportasi Yang Paling Murah

Cara travel hemat ini perlu diriset sebelum kita mulai jalan-jalannya. Coba pikirkan, kalau ke tempat tujuan traveling kita itu, lebih murah naik pesawat, kapal, mobil sewaan, bus atau justru kereta api? Kita bisa buka aplikasi traveling murah untuk melihat tiket transportasi dari pilihan tadi mana yang paling murah.

Tapi selain murah, kita juga harus mempertimbangkan transportasi mana yang cocok dengan kondisi kita. Misal kalau kita mabuk laut, kita bisa tidak memilih kapal karena itu akan membuat pengalaman liburanmu jadi tak asik. Tapi kalau misalnya mau tetap bertahan milih kapal karena murah sih bisa-bisa aja.

Setelah riset, tentukan pilihan. Kalau pilihanmu adalah naik mobil, maka riset lagi di Google tips perjalanan jauh dengan mobil. Ini diperlukan agar rencana liburanmu bisa terencana matang.

3. Cari Tempat Penginapan Yang Terjangkau

Sekali lagi, riset. Mungkin ketimbang menginap di hotel, memilih hostel atau tempat perkemahan serta persewaan rumah bisa jadi lebih murah di tempat wisata yang kita tuju. Tapi jangan lupa untuk selalu membaca komentar dari orang-orang yang sudah pernah menginap di tempat tersebut agar memastikan tempat penginapan kita itu layak, tidak hanya murah.

Baca Juga: 5 Jajanan Korea Pinggir Jalan & Makanan Korea Yang Enak

4. Pilih Traveling Di Musim Sepi

Biasanya kalau musim liburan tiba seperti liburan natal atau mudik, harga-harga transportasi atau penginapan jadi naik drastis karena ada banyak yang liburan kala itu. Makanya pilihan bagus untuk liburan di musim sepi atau bukan hari libur seperti bulan Oktober.

Biasanya kalau lagi musim sepi harganya jadi lebih rendah karena sepi pengunjung. Tapi selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, liburan di musim sepi juga membantu kita menghindari keramaian di tempat wisata. Coba cari agen traveling murah yang terpercaya agar liburan jadi lebih terarah.

5. Pertimbangkan Destinasi Wisata Yang Murah

Tips murah wisata selanjutnya ini sih nggak wajib, tapi kalau mau menekan biaya juga bisa dicoba. Yakni dengan cari destinasi wisata murah ditempat yang kita datangi. Misalnya kita ke Thailand, mungkin tempat yang murah disana adalah pemandian air panasnya, nah itulah yang kita datangi.

Tips ini lumayan penting juga buat tips traveling murah ke luar negeri. Tapi minusnya, kita jadi nggak bisa mengunjungi tempat wisata terbaik atau terpopuler di tempat yang kita kunjungi karena harga tiketnya mahal, sehingga liburan pun jadi tidak puas.

Ini berlaku juga untuk pilih negara yang mau kita kunjungi. Misal, untuk orang Indonesia kita mungkin bisa pilih negara traveling murah seperti Vietnam. Traveling murah ke vietnam bisa jadi lebih murah lagi kalau ada promo traveling murah.

6. Makan Makanan Pinggir Jalan Daripada Makan di Restoran

Baru-baru ini aku buat perbandingan antara makanan di Restoran dengan street food atau makanan pinggir jalan di Thailand. Faktanya, makanan pinggir jalan yang banyak menjual makanan lokal jauh lebih murah daripada Restoran, perbandingannya lumayan banget lho sehingga ini jadi tips perjalanan jauh yang patut diterapkan. 

Dan selain menghemat budget, memilih makanan pinggir jalan juga jadi lebih membuat kita kenal dengan budaya di Negara atau tempat yang kita kunjungi.

7. Kunjungi Tempat Liburan Yang Gratis atau Harganya Murah

Tempat-tempat wisata gratis yang bisa kita kunjungi mungkin seperti taman lokal atau jalur hiking, atau juga danau kayak Danau Toba. Meski gratis, tapi viewnya udah cukup buat bikin healingkan? Atau yang harganya murah ada kolam renang dan pasar malam. Jadi healing nggak perlu mahalkan?

Baca Juga: Ini Cara Menabung Uang Dengan Cepat, Hasilnya banyak!

8. Bepergian Dengan Lebih Dari Satu Orang Seperti Grup

Yang sering traveling pasti paham betapa pentingnya tips ini. Karena dengan jalan-jalan bersama lebih dari satu orang, kita bisa berbagi biaya bersama. Misalnya saat sewa mobil, kita membagi sewa mobil itu bersama katakanlah 5 orang. 300.000 dibagi 5 orang, udah lumayan menghemat bangetkan buatmu? 

Bersama teman kita bisa cari juga paket wisata murah seperti paket wisata murah pulau Seribu atau paket wisata murah Jogja, biasanya harga paket jadi jauh lebih murah lagi. Lebih murah lho harga paket traveling murah bersama teman ketimbang paket solo traveling murah (paket untuk sendirian).

9. Selalu Googling Dengan Spesifik Cara Traveling Murah Ke Suatu Tempat

Ada banyak cara liburan murah ke luar negeri maupun dalam negeri kalau kita selalu riset dengan matang entah dengan menonton video atau artikel orang yang sudah pernah berwisata ke tempat kita mau berwisata. Misalnya, kita bisa cari di internet cara liburan murah ke Korea Selatan.

10. Cari Promosi Yang Kita Punya

Mungkin ada diskon atau promo buat pelajar atau orang kantoran, single atau married yang bisa kita dapatkan dan manfaatkan. Mungkin juga ada promo khusus buat kita karena sudah menjadi member disuatu tempat belanja sehingga bisa membeli kamera traveling murah atau tas traveling murah.

Apa pun itu, kita perlu manfaatkan semaksimal mungkin karena lumayan bangetkan. Makanya selalu pantau promo yang tersedia untuk kita.

Nah itu tadi cara-cara travel hemat yang bisa kita coba, seperti selalu sigap cari tiket traveling murah. Kalau mengikuti tips ini, percaya deh kita bisa menghemat uang tapi tetap menikmati perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Yang terutama, saat selesai liburan kita nggak akan pingsan karena melihat tabungan yang berkurang drastis hehe.

Posting Komentar untuk " 10 Tips Liburan Murah, Menekan Drastis Biaya Traveling!"