Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jajanan Korea Pinggir Jalan & Makanan Korea Yang Enak

jajanan Korea pinggir jalan
Gambar: Steemit - putrimaulana97

Jajanan Korea pinggir jalan.
Kita semua pasti setuju kalau demam Korea kian meluas dan merajalela bahkan sampai ke Amerika. Melihat betapa besar pengaruh dunia hiburan Korea Selatan membuat kita pun jadi mengenal dan tertarik pada budaya mereka seperti bahasa, sejarah, lagu, drama bahkan sampai ke makanannya. 

Makanan asal Korea yang terkenal, memiliki cita rasa unik dan tradisional. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang ingin mencobanya, tapi tentu saja ada yang cocok dengan makanan tersebut tapi ada juga yang tidak. Daripada penasaran sama apa aja makanan Korea yang enaknya dicoba, mari kepoin bareng aja yuk! Siapa tahu ada yang narik perhatianmu hihi. 

Jajanan Korea Pinggir Jalan

1. Bungeoppang

jajanan Korea viral
Gambar: backpackerlee.com

Sering muncul di drama Korea nih! Bungeoppang kalau di Jepang namanya Taiyaki sementara di Indonesia kita menyebutnya kue ikan mas. Bungeoppang pada dasarnya adalah kue sejenis wafel yang memiliki bentuk menarik yaitu ikan mas. Ini cukup populer di Korea khususnya pada anak SD apalagi kalau cuaca sedang dingin seperti musim salju. 

Rasa dari kulit Bungeoppang adalah manis yang legit, sementara isiannya biasanya sih pasta kacang merah tapi sudah cukup lama Bungeoppang dikreasikan dengan disi beragam rasa seperti coklat dan krim custard (chou-cream bungeoppang). Kamu wajib coba deh, karena rasanya enak sekali!

2. Tteokbokki

jajanan Korea yang hits di Indonesia
Gambar: Shutterstock

Makanan paling laris di Korea sepanjang musim yakni Tteokbokki cukup terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Jajanan ini kesukaan segala kalangan seperti pekerja atau pelajar Korea. Meskipun jajanan, sering kali Tteokbokki dijadikan makanan utama oleh orang sibuk hanya untuk memengisi perut saja walaupun tidak bikin kenyang sehingga bisa kuat menjalani aktivitas.

Bahan utaman yang dipakai hanyalah kue beras yang kecil dan memanjang saja, kemudian diolah bareng fish cakes, telur rebus, dan daun bawang. Setelah semua selesai, tinggal disiram sama kuah kental super pedas dan manis yang disebut gochujang. Kuahnya ini yang bikin rasa Tteokbokki jadi super enak!

3. Pikachu Tonkatsu

cara membuat jajanan Korea

Gambar: Steemit - putrimaulana97

Bagi orang Korea, Pikachu Tonkatsu merupakan jajanan yang wajib dimakan saat masih SD setidaknya sekali selama masa SD, karena itu jajanan ini jadi yang paling populer di kalangan anak SD. Kebanyakan orang dewasa juga memakannya untuk nostalgia kembali ke zaman masih SD.

Tonkatsu sendiri sebenarnya bukan makanan asli Korea, ini berasal dari Jepang sejak abad ke-19. Bahan yang dipakai adalah irisan daging babi atau kalau di Indonesia di ganti jadi daging ayam yang dilapis tepung panir dan digoreng dalam minyak yang banyak. Khusus Pikachu Tonkatsu, disajikan dengan bentuk pikachu yang ditusuk tusuk sate dan berukuran jumbo. 

Makanan Korea

4. Samgyeopsal

Samgyeopsal merupakan salah satu makanan Korea yang banyak digemari, ini diambil dari daging perut babi yang berlemak dan tebal. Tanpa perlu dibumbui, daging babi tersebut langsung di dipanggang sendiri di atas pemanggang yang biasa ada di meja rumah makan orang Korea. Barulah setelah matang, daging itu dicelup ke dalam saus pedas yang nikmat dan menggugah selera, paling enak dimakan bersama nasi hangat.

5. Bulgogi

makanan pokok Korea Selatan
Gambar: Pinterest

Kalau Samgyeopsal terkenal menggunakan daging babi, maka ada Bulgogi yang terkenal dimasak menggunakan daging sapi. Bagi orang Korea, semakin tipis potongan daging sapi untuk Bulgogi maka akan semakin enak rasanya. Katanya sih, Bulgogi ini adalah makanan Korea yang paling cocok di lidah orang Indonesia.

Sebelum dipanggang di atas pemanggang atau wajan, daging sapi tersebut di celupkan terlebih dulu ke dalam bumbu khas mereka. Bumbu itu sederhana saja, hanya menggunakan hanya kecap asin, bawang putih, minyak, bawang bombay, gula, merica hitam, dan daun bawang. Kalau bumbu pada daging sudah meresap sepenuhnya, bulgoginya siap di panggang. Yang ini bisa kita bikin sendiri nih!

Nah itu tadi beberapa jajanan dan makanan khas negera Korea Selatan yang belakangan ini sedang naik daun. Kamu tertarik mau cobain mana yang dulu nih? Kalau aku mau Pikachu Tonkatsu hihi.


Posting Komentar untuk " 5 Jajanan Korea Pinggir Jalan & Makanan Korea Yang Enak"