Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perlengkapan Naik Gunung Untuk Pemula, Harus Punya!

perlengkapan naik gunung untuk pemula
Gambar: Marikepo.com

Perlengkapan naik gunung untuk pemula. Belakangan ini, naik gunung atau hiking jadi hal yang ngetrend. Kamu perhatiin gak? Karena memang mendaki gunung itu healing banget! Bayangin melihat pemandangan hijau yang asri sambil menghirup udara segar, belum lagi setelah sampai di puncak bisa lihat pemandangan indah yang sebanding dengan usaha kita. Mantapkan?

Makanya kita perlu tau apa aja perlengkapan naik gunung pribadi yang harus dipunya. Kenapa? Karena sebenarnya ada beberapa perlengkapan naik gunung untuk pemula yang sebaiknya kamu punya untuk memastikan kegiatan hiking kita tetap aman dan nyaman. Karena tak bisa dipungkiri, mendaki itu ada bahayanya juga lho!

Tapi tenang, perlengkapan naik gunung dan harganya itu nggak mahal-mahal banget kok. Yuk kita cek aja beberapa persiapan hiking ke gunung dibawah ini!

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Pemula

1. Miliki Sepatu Yang Tepat

Persiapan mendaki untuk pemula dimulai dari sepatu. Karena mendaki membutuhkan waktu lama dan berjalan kaki, maka dibutuhkan sepatu berkualitas yang nyaman. Sepatu hiking yang bagus adalah sepatu yang punya cengkraman yang baik dan penyangga pergelangan kaki, karena itu bisa membantu mendaki kita jadi aman dan nyaman.

2. Pilih & Siapkan Pakaian Yang Sesuai Cuaca

Pilih pakaian yang pas dengan cuaca untuk persiapan naik gunung untuk pemula, juga penting lho! Misalnya cuaca di gunung sedang panas, maka sebaiknya pakai pakaian yang tipis agar tidak mati kepanasan. Sebaliknya kalau sedang dingin, maka pakai pakaian yang tebal biar tetap nyaman hikingnya.

Makanya periksa perkiraan cuaca untuk tujuan pendakian kita sebelum mendaki. Jangan lupa bawa baju cadangan yang tebal dan tipis kalau-kalau cuaca berubah dan butuh baju ganti. Tapi jangan kebanyakan ya, supaya bawaan perlengkapan naik gunung kamu tidak terlalu berat.

Baca Juga: 7 Cara Dapat Uang Cepat Dalam Sehari, Hasilnya Lumayan!

3. Pastikan Bawa Alat Navigasi

Apa saja perlengkapan naik gunung yang perlu dibawa lagi? Peta, kompas atau perangkat GPS fisik. Karena itu akan membantu kita tetap berada di jalur yang tepat dan menghindari tersesat. Google maps juga bisa sih, tapi biasanya sinyal di Gunung tidak selalu baik sehingga tidak boleh terlalu mengandalkan handphone. 

4. Makanan Dan Air Yang Cukup

Kita juga perlu bawa makanan dan air secukupnya untuk olahraga persiapan mendaki gunung. Supaya kita tetap terhidrasi dan pendakian. Bawa makanan kering dan cepat saji saja seperti Pop Mie dan Biskuit, agar mudah menghidangkannya. Jangan lupa air panas juga.

5. Bawa Kotak P3K

Kotak P3K sudah pasti dong dibawa! Kita pasti udah pernah pelajari ini saat persiapan hiking pramuka di Sekolah. Setidaknya bawalah kotak P3K dasar yang mencakup barang-barang seperti perban, pereda nyeri, dan tisu antiseptik. 

Baca Juga: 10 Tips Liburan Murah, Menekan Drastis Biaya Traveling!

P3K wajib dibawa apalagi kalau kamu persiapan solo hiking, karena kita tak bisa harapkan bantuan saat mendaki sendirian. Khusus persiapan mendaki gunung untuk perempuan, bawa pembalut ya! Jaga-jaga aja.

6. Siapkan Perlindungan Matahari

Kayaknya di gunung tuh sinar mataharinya makin kuat deh. Makanya selalu pakai tabir surya atau sunscreen, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata kita dari sinar UV yang berbahaya. Biasanya ini sering diabaikan pemula saat lagi persiapan naik gunung pemula.

Padahal perlengkapan pelindung matahari ini sebaiknya dipakai bahkan kalau lagi nggak ada matahari sekalipun. Ini khususnya penting buat persiapan hiking untuk perempuan, jangan biarkan kulitmu jadi gelap habis hiking ya, ladies!

Cari tau juga, apa aja rangkaian skincare pagi yang perlu dipakai sebekum mendaki di bawah ini.

7. Masukkan Peralatan Darurat

Peralatan darurat untuk persiapan saat hiking meliputi peluit, senter, dan ponsel yang terisi penuh. Atau ada barang darurat penting lainnya menurutmu? Wah persiapan sebelum hiking memang banyak ya!

8. Pengusir serangga

Biasanya di gunung-gunung itu ada banyak serangga. Makanya untuk persiapan mendaki gunung rinjani dan gunung lainnya kita perlu bawa obat pengusir serangga untuk melindungi diri dari serangga seperti nyamuk dan kutu. Persiapan hiking untuk pemula harus matang ya!

Baca Juga: Ini Cara Menabung Uang Dengan Cepat, Hasilnya banyak!

9. Bawa Tenda

Persiapan naik gunung bagi pemula selanjutnya juga ada tenda atau sleeping bag kalau kamu berencana untuk mendaki semalaman dan camping. Tenda juga bisa dibawa untuk persiapan mendaki saat musim hujan agar kita punya tempat berlindung lain untuk melindungi kita dari cuaca buruk.

10. Tempat Sampah

Perlengkapan naik gunung apa saja yang perlu lagi? Nah terakhir ada tempat sampah. Tempat sampah yang kecil atau plastik juga gapapa, ini supaya kita tidak meninggalkan sampah sedikitpun di gunung. Kita mau meminimalkan dampak terhadap lingkungan dan melestarikan keindahan alam area tersebut, kan?

Nah itu dia tadi persiapan naik gunung bromo atau gunung apa aja yang perlu dipersiapkan bagi kita semua khususnya pemula. Foto persiapan mendaki barang-barangnya yang harus kamu punya bisa dilihat digambar atas ya!

Kamu bisa beli barang-barang itu di toko perlengkapan naik gunung terdekat. Biasanya di Jakarta banyak tuh jual perlengkapan naik gunung lengkap dengan harga yang terjangkau. Yuk, naik gunung yuk!


Posting Komentar untuk "10 Perlengkapan Naik Gunung Untuk Pemula, Harus Punya!"