Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Harus Konsultasi Ke Psikolog? 10 Tanda Perlu Ke Psikolog

kapan harus konsultasi ke psikolog
Gambar: Pixabay

Kapan Harus Konsultasi Ke Psikolog? 10 Tanda Perlu Ke Psikolog. Belakangan ini mental health atau kondisi mental menjadi isu penting yang harus disadari semua orang. Karena mengabaikan kondisi mental yang tidak baik-baik saja, bisa membuat hal fatal yang sangat disayangkan.

Makanya ketika mental kita sedang tidak baik-baik saja, disarankan untuk segera konsultasi ke psikolog agar bisa memperbaiki mental kita. Nah kapan harus konsultasi ke psikolog? Ada banyak tanda yang mengindikasikan perlunya menemui psikolog, berikut ini diantaranya.

10 Tanda Perlu Ke Psikolog

  1. Saat mengalami perasaan sedih, cemas, atau hampa yang terus-menerus.
  2. Kesulitan tidur dan mengalami perubahan nafsu makan.
  3. Menjadi Stres kronis atau merasa khawatir yang berlebihan.
  4. Perilaku atau kepribadian jadi berubah ke yang negatif, seperti cepat marah atau agresif.
  5. Kesulitan menjalani hubungan antar manusia atau mempertahankan hubungan yang bermakna dengan orang lain.
  6. Mencoba penyalahgunaan atau kecanduan zat.
  7. Teringat terus menerus pengalaman traumatis atau kenangan yang menyakitkan.
  8. Sering merasa tidak mengerti diri sendiri atau orang lain
  9. Merasa sulit berlebihan mengatasi perubahan hidup atau situasi stres.
  10. Mulai berpikir untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Kalau kamu mulai mengalami salah satu atau semua dari gejala ini, berarti inilah saatnya untuk cepat-cepat konsultasi dengan profesional kesehatan mental, seperti psikolog, untuk membantu kita mengatasi kekhawatiran dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental kita.

Cara konsultasi ke psikolog juga sangat sederhana, sehingga kita tidak perlu takut untuk berbicara kepada para psikolog. Mereka selalu bersedia untuk menolong kita keluar dari masalah mental kita.

Mengenai harga konsultasi ke psikolog, memang biaya konsultasi ke psikolog tidak begitu terjangkau untuk beberapa kali pertemuan. Tapi apakah konsultasi ke psikolog ditanggung BPJS? Ya, itu ditanggung oleh BPJS sehingga kita tidak perlu terlalu ragu untuk pergi ke psikolog.

Konsultasi ke psikolog atau psikiater pasti akan sangat berarti bagi kehidupan kita, terlepas dari berapa tarif konsultasi ke psikolog. Orang-orang sekarang seringkali takut ke psikolog karena takut dicap orang yang bermasalah.

Tapi sejujurnya konsultasi ke psikologi bisa menolong kita menyelesaikan masalah dan keluhan, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sosial, dan perilaku. Biasanya para psikolog akan menjalin hubungan baik dan rasa saling percaya sebelum dimulainya konseling, sehingga kita bisa lebih terbuka untuk menceritakan masalah kita hadapi.

Jangan sembunyikan apa pun pada para psikolog. Ikuti suasana nyamannya, niscaya itu akan sangat membantu kita. Manfaatkan konsultasi ke psikolog gratis dengan konsultasi ke psikolog pakai BPJS. Semoga kita semua bisa terhindar dari situasi yang tidak diinginkan seperti bunuh diri karena masalah mental. Kamu kuat, kamu pasti bisa bangkit :).

Posting Komentar untuk "Kapan Harus Konsultasi Ke Psikolog? 10 Tanda Perlu Ke Psikolog"