Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Dengan cepat untuk Anak

Cara meredakan sakit tenggorokan dengan cepat
Gambar: Pixabay

Cara meredakan sakit tenggorokan dengan cepat untuk anak. Cuaca yang tak menentu dan rawan penyakit sekarang ini membuat anak jadi tak aneh lagi kalau sering sakit tenggorokan. Belum lagi anak-anak mudah sekali terkena penyakit karena imun tubuh yang belum terlalu kuat.

Jadi bila sakit tenggorokan terjadi pada anak kita, ada beberapa cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat yang bisa dilakukan kita semua untuk membantu meredakan sakit tenggorokan pada anak. Yuk langsung saja kita cari tau beberapa cara meredakan sakit tenggorokan saat menelan-nya!

Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Dengan cepat untuk Anak

1. Tawarkan Makanan Hangat 

Cara meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang pertama dilakukan adalah memberikan makanan hangat yang bisa membuat tenggorokan jadi lebih hangat. Misalnya seperti sup ayam, air hangat dengan madu, atau teh herbal dengan madu. Madu dipercaya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

2. Makan Buah Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk selain makanan hangat, juga ada buah-buah untuk sakit tenggorokan kering. Misalnya yang paling sering dan ampuh diberikan orang tua adalah pisang, pepaya, delima, lemon, alpukat dan lain-lain.

3. Pakai Humidifier, Alat  Pelembab Ruangan

Para dokter setuju kalau menggunakan Humidifier yang berfungsi sebagai pelembab ruangan dan menjaga kelembapan udara, mampu meredakan sakit tenggorokan. Karena udara juga jadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Namun tips meredakan sakit tenggorokan yang ini tidak wajib kok.

4. Istirahatkan Anak

Cara menyembuhkan sakit radang tenggorokan dengan cepat selanjutnya adalah membuat anak kita beristirahat sehingga bisa kembali sehat lagi. Usahakan untuk menghindari berbicara atau bernyanyi terlalu banyak saat sedang sakit tenggorokan karena yang dapat memperparah sakitnya.

5. Berikan Permen Pelega Tenggorokan

Sekarang ini permen pelega tenggorokan mudah ditemukan dan banyak dijual, ada berbagai merek ternama yang menjualnya seperti Strepsils. Dan memang ini merupakan cara cepat meredakan sakit tenggorokan karena permen pelega tenggorokan bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dengan cara meningkatkan produksi air liur dan memberikan lapisan pelindung.

6. Jangan Makan Gorengan Dan Makanan Kering

Biasanya tenggorokan sakit salah satu faktor terbesarnya karena makan makanan yang digoreng. Karena itu usahakan untuk menghindari gorengan sebelum maupun sesudah sakit tenggorokan. Cobalah ganti dengan makanan untuk sakit tenggorokan susah menelan atau makanan untuk sakit tenggorokan dan demam yang bisa kita temukan di internet, biasanya ada yang jual juga sih. Contohnya kayak yang tadi disarankan, makan makanan berkuah.

7. Gunakan Kumur Air Asin

Ini sih cara meredakan sakit tenggorokan secara alami yang udah lama banget diketahui orang-orang dan terbukti ampuh meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Caranya gampang, tinggal campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan suruh sang anak untuk berkumur beberapa kali sehari dengan air itu. Cara ini bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

8. Minum Obat

Jika ingin meredakan sakit tenggorokan saat menelan secara instan, cobalah beli obat sakit tenggorokan yang dijual bebas di Apotek seperti Acetaminophen atau ibuprofen. Obat itu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan demam yang terkait dengan sakit tenggorokan.

Namun selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis dengan hati-hati dan meminta saran atau pertanyaan kalau ada pada apoteker. Namun bila ingin pasti, lebih baik berobat saja ke dokter. Cara ini juga berlaku jika ingin mencari cara meredakan sakit tenggorokan dan pilek. Dokter akan memberikan obat yang pas yang bisa meredakan sakit tenggorokan karena flu. 

Nah itu dia beberapa cara meredakan sakit tenggorokan dengan cepat untuk anak. Kalau sakit tenggorokan pada anak terus berlanjut atau disertai gejala lain seperti demam, flu,  batuk atau kesulitan menelan, penting untuk segera ke penyedia layanan kesehatan.

Karena bisa jadi itu tidak hanya sakit tenggorokan, melainkan amandel, radang, flu dan lain-lain. Dengan pergi ke dokter, kita akan tau cara mengobati radang amandel dengan cepat, cara meredakan radang tenggorokan dengan cepat ataupun meredakan sakit tenggorokan saat flu, misalnya dengan mengkonsumsi buah untuk sakit tenggorokan dan flu, buah untuk sakit amandel, buah untuk sakit tenggorokan dan batuk.

Yuk berikan yang terbaik untuk mengatasi sakit sang anak!


Posting Komentar untuk " 8 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Dengan cepat untuk Anak"